-->

Diajak Keliling Dunia dengan Selembar Kertas, Begini Jawaban Orang yang Cinta Literasi



Inprasa.com, Pekanbaru - Literasi membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan setiap orang. Betapa pentingnya literasi membuat pemerintah semakin getol menggiatkan gerakan literasi di setiap sekolah di seluruh Indonesia, atau biasa disebut dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMP) Kota Pekanbaru, Agus DS yang juga dikenal sebagai pendongeng nasional kelas dunia hadir memberikan motivasi minat baca di SMP Negeri 3 Kota Pekanbaru, Rabu, 14 November 2018 di Jalan Dahlia No.102, Kedungsari, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pendongeng Kak Agus DS mengajak seluruh siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru keliling dunia dengan selembar kertas. "Dengan selembar kertas, kalian bisa keliling dunia," ujarnya dihadapan seluruh siswa.

"Haa..a..??," guman para siswa terperangah mendengar ucapan Kak Agus DS.

"Haa hooo haa ho...," balas Kak Agus saat mendengar ekspresi para siswa yang heran, dan bertanya-tanya apa benar dengan selembar kertas bisa keliling.

"Kalau orang yang cinta literasi, udah tidak ada kata lagi "HaAAhh.. Hoohh...!!," ungkap Kak Agus..

Orang yang cinta literasi, menurut Kak Agus akan bereaksi dengan lebih elegan, dan bijak.. "Saya, akan ke kantin literasi, ... oo.. yaa..," ujarnya memberikan contoh kepada siswa agar berekspresi seperti orang yang cinta literasi.

Lantas, semua siswa pun berujar, "oo.. yaa.." setiap Kak Agus membicarakan ide-ide untuk memajukan literasi di SMP Negeri 3 Pekanbaru.

Ekspresi Kak Agus DS saat mendengar orang yang belum cinta literasi
Ekspresi Kak Agus DS saat mendengar orang yang belum cinta literasi
Kak Agus berharap, SMP Negeri 3 Pekanbaru menjadi juara sekolah cinta literasi, "Mulai hari ini, ini adalah kelahiran SMP 3 di dunia literasi DAHSYAT..!," ujarnya disambut tepuk tangan meriah seluruh guru dan siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru.

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pekanbaru, Asbullah mengungkapkan kepeduliaanya terhadap gerakan literasi, dan mendukung sepenuhnya program literasi yang disampaikan Kak Agus DS bersama Tim Penggerak Literasi Inti Prima Aksara (Inprasa) yang menghimpun karya terbaik para siswa untuk diterbitkan.

Penerbit Inprasa dengan tagline "Inisiator Literasi Nasional" terus berinovasi untuk memajukan literasi di Indonesia, terus bergerak memberikan motivasi minat membaca dan sekaligus mengajak seluruh siswa untuk mulai menulis.


Tim literasi Inprasa mengajak seluruh siswa mulai menulis, "Dengan selembar kertas, Bisa Keliling Dunia," hal ini bukan slogan semata, penerbit Inprasa menghimpun semua karya para siswa, dan selanjunya tim penilai akan memilih beberapa karya terbaik, dan dua minggu kemudian memberikan hadiah menarik kepada siswa yang menjuarai lomba menulis sinopsis dan gambar ilustrasi.

Lomba menulis sinopsis dan menggambar ilustrasi dari sebuah cerita digelar pada saat Tim Literasi Inprasa hadir untuk kali pertama di sekolah, dan hadiah diserahkan dua minggu kemudian. Pemenang lomba, nama dan identitas sekolah akan dicantumkan kedalam buku Sinopsis yang berguna untuk menghimpun catatan kegiatan literasi para siswa.


0 Response to "Diajak Keliling Dunia dengan Selembar Kertas, Begini Jawaban Orang yang Cinta Literasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel