-->

Tim Inprasa Kenalkan "Kendaraan Literasi" di SDIT Rabbani


Tim Inprasa Kenalkan "Kendaraan Literasi" di SDIT Rabbani

Inprasa.com, Rokan Hulu - Tim penggerak literasi Inti Prima Aksara (Inprasa) kenalkan "Kendaraan Literasi" di SD Islam Terpadu (IT) Rabbani, Sabtu, 24 November 2018, Jalan Pematang Berangan, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Tim Inprasa memberikan jalan tercepat kepada para siswa dan para guru untuk menggelorakan literasi dengan mendokumentasikan kegiatan literasi dan membuat sebuah karya dan menerbitkannya.

Perusahaan Penerbitan Inti Prima Aksara (Inprasa) membuat gebrakan "jalan pintas" mengajak seluruh masyarakat, terkhusus para siswa untuk mencatat semua aktivitas membaca disebuah buku "Panduan Kegiatan Penulisan Sinopsis" yang berguna sebagai pelengkap kegiatan Perpustakaan di Sekolah.

Kepada Kepala Sekolah dan Guru Ekskul Literasi SDIT Rabbani, Tim Inprasa memberikan solusi tercepat mengelorakan literasi dengan bantuan buku literasi (penulisan sinopsis), karena dengan buku penulisan sinopsis, kegiatan literasi para siswa terekam, dan nilai lebihnya, penerbit Inprasa siap menerbitkan karya terbaik para siswa.

Tim Inprasa juga berkesempatan menayakan sejauh mana kegiatan literasi di SD IT Rabbani, kepada Guru Literasi, Ibu Gita. "Sudah sejauhmana, Ibu menggerakan program literasi di sekolah?," tanya Kak Agus DS.

"Ada perpus, pojok literasi dan satu kali selama sepekan, kami membuat kegiatan literasi, jadi kegiatan literasi disini memang masih kegiatan menggambar..," jawab Ibu Gita.

Mendengar jawaban Ibu Gita, Kak Agus DS yang juga selaku ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Pekanbaru, mengungkap, dari hasil survey yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa program literasi sudah berjalan.

"Tetapi program literasi, hanya sebatas program, pertama anak diarahkan ke Perpustakaan atau pojok baca, pokoknya ke arah rak-rak buku, lalu diminta untuk membaca," ujar Kak Agus DS.

Namun, sangat disayangkan program literasi yang begitu gencar belum diimbangi dengan adanya jurnal yang mampu merekam aktivitas para siswa dalam program literasi.

Penerbit Inprasa membuat lompatan dengan menghadirkan buku literasi (Panduan Penulisan Sinopsis) sebagai "kendaraan literasi" yang mampu menghimpun dan merekam kegiatan literasi para siswa hingga karya nya diterbitkan menjadi sebuah buku.

Berbagi Tips Komunikasi Efektif

Kak Agus DS bagikan tips komunikasi efektif orangtua dan anak
Kak Agus DS bagikan tips komunikasi efektif orangtua dan anak
Kak Agus DS, pendongeng nasional kelas dunia di SDIT Rabbani juga berkesempatan membagikan tips komunikasi efektif orangtua dan anak. Dihadapan para guru dan para orangtua dan bahkan puluhan anak-anak, melalui sebuah dongeng, Kak Agus DS memberikan contoh-contoh berkomunikasi efektif.

Dongeng, menurut Kak Agus DS menjadi sangat perlu dan penting untuk bisa berkomunikasi efektif menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak, sehingga para guru dan orangtua perlu sekali untuk berlatih mendongeng.

Mengubah perilaku anak yang kurang baik, bisa diperbaiki melalui dongeng, karena dengan dongeng para guru dan orangtua tidak perlu menghardik anak apabila mereka berbuat suatu kesalahan, melalui dongeng yang berisi pesan moral, anak dapat dengan mudah memahami perbuatan yang baik atau yang tidak baik.

0 Response to "Tim Inprasa Kenalkan "Kendaraan Literasi" di SDIT Rabbani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel