Sinopsis: Mengenal Pahlawan Nasional Untung Surapati


Sinopsis: Mengenal Pahlawan Nasional Untung Surapati

Inprasa.com - Halo, sobat INPRASA dimana saja berada, Kali ini kami ingin mengenalkan salah seorang tokoh pahlawan nasional "Untung Surapati" melalui sebuah buku cerita yang baru saja kami terbitkan.

Buku "Untung Surapati" diharapkan bisa  menjadi bacaan untuk anak, agar mengenal siapa pahlawan bangsanya walau hanya sekilas. Diharapkan, anak-anak bisa memilih dan memilah, mana tingkah laku yang kurang pada tempatnya dan mana yang patut untuk menjadi teladan.

Buku ini berisi Lima judul,Judul kesatu "Budak Kecil" Judul Kedua "Masuk Penjara" Judul Ketiga "Menyusun Kekuatan" Judul Keempat "Pertempuran di Kartasura" dan judul yang Kelima "Perlawanan Tiada Henti".

Sinopsis dari salah satu judul cerita "Untung Surapati"

Menurut sejarah,Untung Surapati berasal dari Bali. Untung Surapati adalah anak yang jujur,suka bekerja keras,tekun, penurut,dan teguh pada pendiriannya. Dia sangat disayangi kedua orang tuanya.

Namun nasib berkata lain, Untung surapati sejak kecil harus berpisah dari orang tuanya. Keluarganya dirampok dan Dia diculik dan dijadikan budak.

Perwira VOC di Batavia bernama Moor menjadikan Untung Surapati sebagai budak.Karena sifat dan kemampuan Untung Surapati yang cakap Tuan Moor pun mempercayainya dan dianggapnya sebagai anak sendiri.

Suzane putri dari Tuan Moor diam-diam menaruh hati kepada Untung Surapati dan kemudian mereka menikah diam-diam.Akhirnya Tuan Moor murka dan memenjarakan Untung Surapati.

Didalam penjara itulah Untung Surapati bertemu dengan tokoh-tokoh pejuang yang gigih melawan tentara Hindia Belanda. Hingga pada suatu ketika Untug Surapati memimpin para pejuang tersebut melarikan diri dan bahu-membahu melawan kesewenang-wenangan tentara Belanda.

Untung Surapati berjuang pantang menyerah, darah dan keringat bercucuran tidak dia hiraukan,dia persembahkan kepada bumi pertiwi sampai akhir hayatnya.

0 Response to "Sinopsis: Mengenal Pahlawan Nasional Untung Surapati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel