-->

Tim Penggerak Literasi Inprasa, Hadir di SMP Negeri 2 Pekanbaru



Inprasa.com, Pekanbaru - Tim penggerak literasi Inti Prima Aksara (Inprasa) hadir di SMP Negeri 2 Pekanbaru, Selasa, 4 Desember 2014 di Jl. Prof. Moh. Yamin No.24a, Padang Bulan, Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Program gerakan literasi dari Inprasa, dengan tema "Dengan Selembar Kertas, Bisa Keliling Dunia" mengajak para siswa dan guru di SMP Negeri 2 Pekanbaru untuk mencintai literasi, dan menjadikan literasi dekat dengan kehidupan para siswa.

Berkolaborasi dengan Pendongeng Nasional Kelas Dunia, Kak Agus DS The Master of Storyteller memberikan motivasi literasi kepada siswa kelas 8 dan 9, mengajak mereka untuk mulai gemar membaca dan menulis.

"Saya masuk ke SMP Negeri 2 seperti masuk di Puskesmas," ujar Kak Agus DS mulai bercanda, menurutnya, sekolah perlu dipenuhi buku-buku.

Kak Agus DS mengusulkan, agar SMP Negeri 2 Pekanbaru mulai membudayakan literasi, sekolah dipenuhi buku-buku, dibuatkan pohon literasi.

"Mau, sekolah ini dibuat mirip Time Zone?," tanya Kak Agus DS, para siswa pun mulai tertantang untuk membuat sekolah yang nyaman untuk belajar, dan punya koleksi buku-buku yang banyak.

Kuis Berhadiah Buku

Siswi SMP Negeri 2 Pekanbaru, Rika mulai bercerita dengan tiga kata kunci
Siswi SMP Negeri 2 Pekanbaru, Rika mulai bercerita dengan tiga kata kunci

Kegiatan literasi semakin semarak, saat Kak Agus mengadakan kuis berhadiah buku dari penerbit Inprasa.

"Yang bisa jawab, saya kasih buku..," Kak Agus DS mulai mendongeng, dan para siswa berebut menjawab. Bagi yang berhasil menjawab, mendapatkan hadiah sebuah buku.

Kuis kedua, Kak Agus DS memberikan tiga kata kunci untuk dijadikan sebuah cerita, bagi yang berani tampil, membuat cerita dengan tiga kata kunci langsung mendapatkan hadiah sebuah buku.

"Coba buat sebuah cerita dengan tiga kata kunci berikut, Sunyi, Terkulai, Bermimpi..," Kata Kak Agus.

Salah seorang siswi SMP Negeri 2 Pekanbaru, Rika mengangkat tangan, dan langsung diminta untuk membuat cerita dengan tiga kata kunci.

Rika tampil memukau, dia mampu bercerita dengan tiga kata kunci, dan Kak Agus pun ikut memperagakan apa yang diceritakan Rika, suasana pun makin riuh, saat Kak Agus beraksi dengan aksi lucunya, mengikuti alur cerita.

Tokoh pendidikan Provinsi Riau, Drs. Werkanis AS, M.Pd
Tokoh pendidikan Provinsi Riau, Drs. Werkanis AS, M.Pd

Hadir juga wakil ketua PGRI, Werkanis AS memberikan motivasi kepada siswa dan para guru untuk membudayakan literasi di SMP Negeri 2 Pekanbaru.

Werkanis juga memperkenalkan salam literasi kepada siswa, dan mengajak semuanya untuk mempopulerkan salam literasi.

"Saya cinta, LITERASI.. jari tangan membentuk love.. bukan segi tiga..," kata Werkanis yang juga dikenal sebagai tokoh pendidikan di Provinsi Riau. Dia berharap, semua pihak turut berperan aktif menggiatkan gerakan literasi, sehingga genarasi mendatang mampu menjadi insan yang sejahtera, sehat dan cerdas.

0 Response to "Tim Penggerak Literasi Inprasa, Hadir di SMP Negeri 2 Pekanbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel