-->

Para Juara Lomba Literasi di SMP Negeri 2 Pekanbaru, Terbelah jadi Dua


 


Inprasa.com, Pekanbaru - Ada hal yang tidak biasa, terjadi di SMP Negeri 2 Pekanbaru. Biasanya, Tim penggerak literasi inti prima aksara (INPRASA), mendapatkan Juara lomba literasi (menulis sinopsis dan menggambar ilustrasi) untuk masing-masing kategori, terdapat siswa perempuan dan laki-laki.

Pagi ini, tim penggerak literasi INPRASA, hadir di SMP Negeri 2 Pekanbaru untuk memberikan hadiah kepada para pemenang lomba literasi, Kamis, 3 Januari 2019 di Jalan Prof. Moh. Yamin No.24a, Padang Bulan, Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Tim literasi INPRASA, Kak Usep Priyadi merasa heran, mengapa para juara lomba literasi bisa terbelah menjadi dua, yaitu ketegori pemenang lomba sinopsis, semuanya siswa perempuan, sedangkan kategori pemenang lomba gambar ilustrasi, semuanya siswa laki-laki.

Kak Usep bertanya, "Mana nih cowoknya? pada tidur ya?," ujarnya, saat mengumumkan pemenang lomba Sinopsis. Begitu juga saat mengumumkan pemenang lomba menggambar ilustrasi, "Mana nih, ceweknya?, pada kemana?," disambut gelak tawa seluruh siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru di halaman sekolah.

Kak Usep menduga, siswa laki-laki  lebih senang dengan sesuatu yang tidak ribet, sedangkan siswa perempuan, lebih senang dengan sesuatu yang terperinci dan mendetail.

"Mungkin, kedepan para cewek di SMP Negeri 2 Pekanbaru bisa jadi Akuntan, para cowok bisa jadi pengusaha," kata Kak Usep mencoba menerawang cita-cita para pemenang lomba literasi.

Juara Lomba Literasi (Menulis Sinopsis) di SMP Negeri 2 Pekanbaru

Kak Usep mengumumkan, pemenang terbaik lomba literasi, kategori menulis sinopsis, Juara I, Valentine Manalu, kelas IX.2, Juara II, Rika Gunawan, IX.4, Juara III, Ananta Meyrifah Nur, dan juara IV, Sarah Aprilia Riyani.

Juara lomba literasi (menggambar ilustrasi) di SMP Negeri 2 Pekanbaru

Sedangkan pemenang terbaik lomba literasi, kategori menggambar ilustrasi (ilustrator) terbaik, Juara I, M. Fauzan B, kelas IX.6, Juara II, Juherman, kelas IX.5, Juara III, Bagas Prakoso, kelas IX.1, dan Juara IV, Andrian Maulana R.

Sebelum masuk ke kelas masing-masing, dan telah menyaksikan pengumuman para pemenang lomba literasi, salah seorang guru wali kelas siswa memberikan motivasi kepada seluruh siswa, agar terus giat belajar, terutama membaca dan menulis, juga menerbitkan buku.

Motivasi menulis dari Wali Kelas Siswa

"Saat ini, Bapak/Ibu guru kalian juga gemar menulis, dan telah menerbitkan buku, Ibu juga demikian, saat ini buku yang Ibu tulis sudah proses pencetakan, dan menunggu proses ISBN, tetaplah bersemangat untuk terus belajar, dan menerbitkan buku," ujar wali kelas, disambut tepuk tangan meriah seluruh siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru.

Tim literasi INPRASA, juga sempat berdiskusi dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pekanbaru, Ali Amran mengungkap, dirinya juga senang dengan kegiatan literasi, terutama membaca dan menulis buku.

"Saat ini, saya juga masih aktif menulis opini di koran, dan memang senang dengan kegiatan membaca, terutama buku-buku sejarah," ujar Kepala Sekolah kepada Tim literasi INPRASA di ruang kerjanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 sangat mendukung dengan program literasi yang di inisiasi Tim Penggerak Literasi INPRASA, karena memang kegiatan literasi dirasa begitu penting, dan sudah merasakan sendiri manfaatnya.

"Kami, dengan kegitan literasi sangat antusias, dan dengan adanya kehadiran Tim INPRASA kami sangat senang, karena anak-anak termotivasi untuk gemar membaca, apalagi ada wadah untuk menerbitkan karya," ungkap Ali Amran.

Sebelumnya, Tim Penggerak Literasi Inprasa, Hadir di SMP Negeri 2 Pekanbaru menggelorakan semangat para siswa untuk gemar membaca, menulis dan berani menerbitkan karya. Penerbit Inti Prima Aksara (INPRASA) siap menampung karya para siswa dan juga guru yang sudah mempunyai karya.

Bersama pendongeng nasional kelas dunia, Kak Agus DS The Master of Storyteller, Tim literasi INPRASA membagikan pengalaman membuat kegiatan gerakan literasi di sekolah, sehingga pemandangan di sekolah bisa berubah menjadi sekolah literasi, penuh dengan ornamen dan kegiatan literasi, seperti membuat pohon literasi, menulis sinopsis dan menggambar ilustrasi.

0 Response to "Para Juara Lomba Literasi di SMP Negeri 2 Pekanbaru, Terbelah jadi Dua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel