SMP Negeri 4 Pekanbaru Optimis Mampu Menjadi Sekolah Rujukan Literasi Nasional


SMP Negeri 4 Pekanbaru Optimis Mampu Menjadi Sekolah Rujukan Literasi Nasional

Inprasa.com, Pekanbaru - Tim penggerak literasi Inti Prima Aksara (INPRASA) hadir di SMP Negeri 4 Pekanbaru, Jumat pagi, 11 Januari 2019, di Jalan Dr. Sutomo no. 110, Rintis, LimaPuluh, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau untuk kembali menggelorakan semangat literasi kepada seluruh siswa dan para guru.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pekanbaru, H. Ridwan menyatakan optimis mampu menjadi sekolah rujukan literasi nasional. Dihadapan seluruh siswa, H. Ridwan menularkan semangat literasi dan mengingatkan betapa pentingnya literasi untuk kemajuan bangsa.

"Mudah-mudahan, ini.. tidak hanya 9 (penulis), Pak Agus.. tidak hanya 5.. kalau bisa yang gagal, cuma 9, jadi kita balik.. kalau beliau (Kak Agus DS) minta 9, yang gagal itu cuma 9," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pekanbaru memotivasi seluruh siswa untuk berlomba menjadi yang terbaik dalam kegiatan literasi yang digelar tim literasi INPRASA.

Tim literasi INPRASA, Kak Agus DS, sebelumnya berharap, dan mengungkapkan keinginannya, di SMP Negeri 4 Pekanbaru, kalau bisa ada bibit-bibit penulis, minimal 1 % dari jumlah siswa 900 orang.

Optimisme Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pekanbaru bukan tanpa alasan, karena di Sekolah yang dipimpinnya sudah mempunyai Majalah PILAR, dan terbit setiap dua minggu.

Dengan hadirnya Tim Literasi INPRASA membuat optimisme semakin bertambah, karena ada sarana atau media yang mampu menampung kegiatan literasi seluruh siswa, dan Majalah PILAR yang selama ini untuk kalangan sendiri bisa, dan berisikan karya para siswa bisa di hidupkan kembali menjadi sebuah buku hasil karya para siswa.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pekanbaru, H. Ridwan optimis dengan buku sinopsis mampu menjembatani karya siswa
Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pekanbaru, H. Ridwan optimis dengan buku sinopsis mampu menjembatani karya siswa

"Saya tidak mau, satu orang pun yang tidak kebagian (buku kegiatan literasi), semuanya harus kebagian.. karena semua harus menjadi juara," ujar H. Ridwan dengan penuh semangat, dan mendapat aplaus dari seluruh siswa.

H. Ridwan mempunyai ide agar seluruh siswa mampu menjadi juara lomba literasi di semua tingkatan, mulai dari tingkat nasional, provinsi, kota, dan bahkan di tingkat sekolah.

Hasil karya terbaik dari Siswa SMP Negeri 4 Pekanbaru, H. Ridwan berharap bisa diterbitkan, dan dibaca diseluruh nusantara, tidak hanya untuk konsumsi di sekolah saja, tapi karya siswa bisa menasional.

Para Siswa SMP Negeri 4 Pekanbaru mendengarkan langsung arahan dan bimbingan dari Kepala Sekolah

Buku "Panduan Kegiatan Penulisan Sinopsis" yang diterbitkan PT. Inti Prima Aksara (INPRASA) mampu menjadi jembatan bagi para siswa untuk menuangkan semua kegiatan literasi (membaca dan menulis), dan juga menampung semua karya terbaik siswa untuk dijadikan buku, dan diterbitkan langsung oleh Penerbit INPRASA.

Dalam buku ini, juga terdapat beberapa lembar halaman kosong, yang siap diisi dengan tulisan seluruh siswa, dan dikirim langsung/dijemput Tim Literasi INPRASA untuk dipilih karya terbaik, dan diterbitkan.

Berdiskusi dengan Tim Literasi INPRASA, H. Ridwan mengungkapkan optimismenya, SMP Negeri 4 Pekanbaru siap menjadi SEKOLAH RUJUKAN LITERASI NASIONAL. Dia berharap, Tim Literasi INPRASA mau berkolaborasi dengan sekolah untuk mewujudkannya, karena INPRASA juga mempunyai misi sebagai "Inisiator Literasi Nasional", hal ini bukan jargon semata, atau hebat di dalam forum-forum diskusi.

Tim Literasi INPRASA, hingga hari ini terus menggelorakan semangat literasi, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), SMP/MTs, SMA/SMK hingga ke tingkat Perguruan Tinggi.





0 Response to "SMP Negeri 4 Pekanbaru Optimis Mampu Menjadi Sekolah Rujukan Literasi Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel