-->

Semarak Gerakan Literasi INPRASA di SD Negeri 20 Pekanbaru


Semarak Gerakan Literasi INPRASA di SD Negeri 20 Pekanbaru

Inprasa.com, Pekanbaru - Tim penggerak literasi Inti Prima Aksara (INPRASA) hadir di SD Negeri 20 Pekanbaru, mengajak para siswa untuk mulai gemar membaca dan menulis, Selasa, 19 Februari 2019 di Jalan Kulim, Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Berbagai kegiatan di gelar disana, seperti bernyanyi, bercerita mendongeng bersama Kak Agus DS, Master of Storyteller, pendongeng nasional kelas dunia dan juga Kak Usep Priyadi yang memotivasi para siswa untuk gemar membaca dan menulis buku.

Melalui program litersi yang diadakan tim literasi INPRASA, para siswa diajak untuk mulai berani menulis hingga menerbitkan buku.

Kak Usep Priyadi memberikan tips kepada siswa SD Negeri 20 Pekanbaru agar lebih suka membaca di Perpustakaan Sekolah.

"Coba adik-adik, tunjukkan dimana letak perpustakaan.. perpustakaan dimana?," ujar Kak Usep, dan seluruh siswa menunjuk lokasi Perputakaan sekolah mereka.

Kak Usep mulai mengajak para siswa mulai menulis, caranya "Dengan Selembar Kertas Bisa Keliling Dunia," katanya.

Para siswa mulai menulis sinopsis dari cerita yang dibawakan Kak Agus DS, mereka bergembira pagi itu, berkegiatan literasi di halaman sekolah.

Kemeriahan kegiatan literasi semakin semarak, saat Boneka Dio mulai tampil dihadapan para siswa dan guru, semua senang dan sesekali melepas tawa menyaksikan langsung pertunjukan boneka vetriloquist yang dipersembahkan Kak Agus DS.

Tim Literasi INPRASA bersama para Guru SD Negeri 20 Pekanbaru
Tim Literasi INPRASA bersama para Guru SD Negeri 20 Pekanbaru

Pada kesempatan ini, Kak Agus DS juga membagikan tips membuat suasana disekolah menjadi sekolah literasi, caranya dengan menghias sekolah dengan "Pohon Literasi", buku-buku yang sudah usang ataupun majalah yang sudah tidak terpakai, dibungkus di dalam plastik, kemudian digantung di pohon-pohon di sekitar halaman sekolah.

Menurut Kak Agus DS, pohon literasi ini beda dengan pohon literasi yang biasa dibuat disekolah-sekolah, pohon literasi versi Kak Agus DS bertujuan untuk membiasakan dan menyamankan anak-anak kepada buku-buku, sehingga buku menjadi bagian dari hidup mereka.

Program literasi INPRASA, sampai hari ini masih berlangsung, hadir di sekolah-sekolah di Kota Pekanbaru, dan bahkan hingga keluar daerah, ke Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Tim Literasi INPRASA siap hadir di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi untuk menggelorakan semangat literasi di negeri ini.

Bagi sekolah ataupun yang ingin sekolahnya dikunjungi Tim Literasi INPRASA untuk berbagi tips membuat sekolah literasi, dapat menghubungi kami, di kontak yang tersedia di blog ini.

Silakan subscribe juga YouTube channel INPRASA, dan like Facebook @inprasa untuk mendapatkan kabar literasi terkini dari tim literasi INPRASA. Terima Kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel