-->

Inilah 3 Manfaat Penting Membiasakan Anak Membaca Buku Sedari Kecil


Inilah 3 Manfaat Penting Membiasakan Anak Membaca Buku Sedari Kecil

Inprasa.com, Pekanbaru - Buku adalah jendela dunia, meski saat ini informasi mudah didapatkan lewat internet, dan siapapun bisa mengakses internet asalkan mempunyai perangkat yang terkoneksi dengan internet, namun membaca buku tetap sebuah pilihan yang tepat untuk meluaskan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan.

Buku dibuat melalui proses yang panjang, hingga ada ditangan pembaca, penulis menuangkan gagasan dalam sebuah tulisan, dan penerbit melakukan proses editing hingga cetak hingga ada ditangan pembaca.

Proses ini tidak bisa didapatkan dari bacaan instan, ataupun postingan yang bertebaran di media sosial, yang kadang tidak melalui proses penyuntingan, dan juga sumbernya belum jelas, tidak bisa ditelusuri, akhirnya membuat pembaca mendapatkan informasi yang tidak terkonfirmasi.

Betapa buku merupakan media paling efektif untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang sudah melalui proses panjang, namun sampai hari ini, jumlah pembaca buku masih sedikit, dan bisa dibilang jarang.

Anak-anak saat ini, diberikan banyak pilihan untuk mengakses informasi, dan pilihan anak tertuju pada tontonan, karena memang sifat anak-anak yang lebih menyukai sesuatu yang aktif dan aktraktif, penuh warna yang merangsang indra mereka. seperti permainan video game, kebanyakan anak sekarang lebih suka berlama-lama bermain video game dibandingkan dengan membaca buku.

Hal ini, bukan juga salah anak yang tidak mau menyukai buku-buku, peran lingkungan, terutama orang tua mempunyai tanggung jawab penuh mengenalkan dan mendekatkan anak-anak dengan buku-buku.

Tanpa peran orang tua, anak akan terus mengakses informasi, terutama permainan yang hanya menyukakan penglihatan mereka, belum membantu menumbuhkan budi pekerti mereka akan nilai-nilai luhur yang patut diajarkan sedari kecil. Berikut ini, 3 manfaat penting membiasakan anak membaca buku sedari kecil.

1. Kemampuan otak dan mental anak berkembang


Menurut American Academy of Pediatric dalam penelitiannya tahun 2014, membaca buku mempunyai banyak manfaat bagi anak. Membaca memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, namun orangtua yang membacakan cerita.

Sedari kecil gemar membaca
Sedari kecil gemar membaca

Buku yang terdiri dari rangkaian kata, angka, gambar dan elemen lain, mampu mengembangkan keterampilan anak dalam berpikir. Hal ini memengaruhi cara mereka berbicara, memecahkan masalah, menulis, bahkan mendapatkan pengalaman.

Studi Emory University di Atlanta menunjukkan, buku-buku fiksi merangsang anak untuk mengenali emosinya sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Anak-anak yang menyukai buku-buku fiksi cenderung memiliki imajinasi yang tinggi dan ide-ide kreatif. Sementara, anak-anak yang sering membaca buku-buku nonfiksi, bisa membangun citra diri yang kuat, percaya diri, dan berwawasan tinggi.

2. Ikatan antara anak dan orangtua semakin meningkat


Apabila orangtua sibuk bekerja, dan sering melewatkan momen istiwewa dengan anak, membuat anak menjadi kurang diperhatikan. Membaca buku menjadi waktu yang membahagiakan untuk mempererat dan meningkatkan hubungan orangtua dengan anak.


Membaca buku, merupakan cara orangtua mengajarkan anak berbagai informasi, pengetahuan dan segala aspek kehidupan melalui buku-buku yang sedang dibaca bersama.

3. Membaca buku mampu mendukung masa depan anak


Anak-anak yang sudah terbiasa membaca sedari kecil, mempunyai keinginan ataupun cita-cita yang cukup terarah dimasa depan. Anak-anak semakin terpacu mendalami apa yang mereka sukai, karena mendapatkan asupan informasi yang akan menambah wawasan mereka tentang apapun yang sedang digemari.

Menginjak remaja, mereka semakin fokus dengan apa yang disukainya, mencari, menemukan dan mempraktekan pengetahuan yang mereka dapatkan dari buku, sehingga cita-cita mereka semakin terarah.

Membaca buku juga mampu memberikan mereka pemahaman akan tanggungjawab dan risiko dari apa yang mereka pelajari melalui buku-buku.

Tips memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak sejak kecil


Sobat Inprasa bisa memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak, bahkan sebelum bayi dapat membaca dan berbicara.

Cara memperkenalkan kebiasaan membaca kepada bayi, bisa dilakukan dengan mengenalkan buku yang menarik dan interaktif, lebih berwarna, banyak ilustrasi, sedikit teks, dan tema yang disukai anak, misalnya binatang, pemandangan alam, alat transportasi dll.

Membaca membangun kedekatan orangtua dan anak
Membacakan cerita membangun kedekatan orangtua dan anak

Posisikan anak di pangkuan Anda dengan buku di depannya, dengan begitu anak merasa dekat, bisa mendengar suara lebih jelas, dan memerhatikan buku lebih baik.

Tunjukkan gambar dan menekankan kata-kata bahkan juga mengulanginya beberapa kali, ini membantu bayi untuk memperkuat kosakata yang baru didapatkannya.

Jika anak menunjukkan minat pada buku tertentu, biarkan dia membacanya berulang-ulang. sedangkan untuk anak usia 2 sampai 5 tahun, bisa mengajak anak pergi ke toko buku dan membiarkannya memilih buku bacaan yang disukai.

0 Response to "Inilah 3 Manfaat Penting Membiasakan Anak Membaca Buku Sedari Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel