-->

Orang yang Gemar Membaca Buku, Mempunyai Sifat Lebih Ramah dan Bijak


Orang yang Gemar Membaca Buku, Mempunyai Sifat Lebih Ramah dan Bijak

Hasil penelitian mengungkapkan, orang yang gemar membaca buku atau pembaca buku, mempunyai perilaku yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang lebih suka menonton televisi
Inprasa.com, Pekanbaru - Menjadi lebih ramah adalah keinginan setiap orang. Sobat Inprasa dapat memulainnya dengan membiasakan diri membaca buku. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, rutinitas membaca mampu membuat orang lebih ramah dan mampu berempati.

Peneliti menanyakan kepada 123 partisipan, soal kesukaan membaca buku, televisi dan pertunjukkan lainnya. Kemudian, peneliti menguji kemampuan interpersonal mereka, untuk mengetahui seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain, dan apakah mereka gemar menolong orang lain.

Penelitian dilakukan di Kingston University, London mengungkapkan, pembaca buku atau orang yang gemar membaca buku cenderung mempunyai perilaku lebih baik dibandingkan dengan mereka yang lebih suka menonton televisi.

Hasil penelitian juga mengungkap, orang yang gemar menonton televisi cenderung lebih tidak bersahabat, dan tidak memiliki pengertian terhadap pandangan orang lain.

Dalam hal ini, tidak semua buku mampu membuat orang lebih baik, karena jenis dan tipe literatur juga mempunyai dampak terhadap perkembangan kecerdasan emosional.

Independent melansir, penggemar buku fiksi menurut hasil penelitian mengungkapkan, mampu menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sedangkan pembaca novel drama dan percintaan lebih cenderung memiliki empati.

Para pecinta buku eksperimental, mempunyai kemampuan melihat sesuatu dari perspektif berbeda, sedangkan pembaca buku komedi, mendapatkan nilai paling tinggi, mampu menempatkan diri berada di posisi orang lain.

Hasil studi ini, menurut para peneliti tidak membuktikan adanya efek sebab akibat, bahwa membaca buku pasti membuat orang lebih baik. Namun, semakin bijak seseorang, maka semakin besar pula kemungkinan dia adalah orang yang gemar membaca.

0 Response to "Orang yang Gemar Membaca Buku, Mempunyai Sifat Lebih Ramah dan Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel