Siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru, Siap Menjadi Literat yang Handal


Siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru, Siap Menjadi Literat yang Handal

Inprasa.com, Pekanbaru - Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 12 Pekanbaru, mendapatkan giliran menerima kunjungan dari tim penggerak literasi Inti Prima Aksara (Inprasa), Jumat, 1 Maret 2019 di Jalan Garuda Sakti, nomor 3, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Tim literasi Inprasa memberikan tantangan kepada seluruh siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru, dalam satu pekan, mampu menghasilkan sebuah karya tulis, dan penerbit Inprasa siap menerbitkan karya mereka.

Tantangan ini, disanggupi sekitar 20 siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Pendongeng nasional kelas dunia, Kak Agus DS, Master of Storyteller berkesempatan hadir memberikan motivasi menulis kepada semua siswa, dan setelah mendapatkan pencerahan Kak Agus DS, yang juga seorang penulis yang produktif ini, para siswa merasa perlu meladeni tantangan untuk menjadi seorang penulis handal.

"Saya percaya, kalian hebat. Tapi, kehebatan itu tidak akan muncul selama kita tidak kasih tahu kalau itu adalah kehebatan. Kalau kalian ingin sukses, bergabunglah dengan orang yang sukses," ujar Kak Agus DS memotivasi para siswa.

Kak Agus DS, Master of Storyteller memotivasi para siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru untuk mencintai literasi
Kak Agus DS memotivasi seluruh siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru untuk mencintai literasi, dan menjadikan literasi sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Melalui buku "Gerakan Literasi Sekolah melalui Kegiatan Penulisan Resensi", Kak Agus DS membuka cakrawala para siswa, bahwa untuk menjadi seorang penulis perlu belajar kepada orang yang memang sudah sukses menjadi seorang penulis.

Tercatat, Kak Agus DS sampai dengan hari ini, sudah menulis lebih dari 21 judul buku, dan buku-buku lainnya yang siap diterbitkan. Buku terakhir yang sudah diterbitkan, "Buku Kumpulan Dongeng Motivasi" yang sudah terjual lebih dari 900 copy dalam sebulan, meski belum di launching. Ini yang membuat Kak Agus DS piawai dalam menulis, dan juga piawai dalam strategi memasarkan buku-buku karyanya.

Kepiawaian Kak Agus DS dalam dunia kepenulisan, membuatnya didapuk sebagi Ketua Gerakan Pemasyarakat Minat Baca (GPMB) Kota Pekanbaru, dan kemampuannya dibagikan kepada para siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru.

Kak Agus DS dan Boneka Rio menghibur para siswa dan guru di SMA Negeri 12 Pekanbaru
Kak Agus DS dan Boneka Rio menghibur para siswa dan guru di SMA Negeri 12 Pekanbaru

Pada kesempatan itu, Kak Agus DS juga menampilkan keterampilannya dalam bermain boneka, ventriloquist, atau keterampilan berbicara tanpa membuka mulut. Boneka Rio tampil dihadapan para siswa dan guru, semuanya terhibur dan memberikan apresiasi kepada Kak Agus DS yang multi talenta, dikenal mempunyai banyak bakat, mulai dari menulis, mendongeng, ventriloquist, bermain musik, bermain peran dan masih banyak lagi.

Kehadiran tim literasi Inprasa juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Pekanbaru, Ibu Hj. Ermita, S.Pd., M.M., sekolah yang dipimpin merupakan sekolah rujukan nasional ini, mendukung sepenuhnya kegiatan literasi yang diinisiasi tim penggerak literasi Inprasa.

Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Pekanbaru, Ibu Hj. Ermita, S.Pd., M.M

Menurutnya Hj. Ermita, kegiatan literasi yang diinisiasi tim Inprasa mampu memotivasi para siswa untuk menjadi seorang yang literat, dan berharap dengan kegitan literasi ini, menjadi awal dari kegiatan literasi yang sebenarnya.

"Saya sangat berterima kasih atas kehadiran Kak Agus DS dan kawan-kawan (tim literasi Inprasa) yang telah banyak memberikan motivasi kepada para siswa pada hari ini, dan alhamdulillah, mudah-mudahan ini adalah awal dari kegiatan literasi yang sebenarnya," tutur Hj. Ermita.

Kepala sekolah berharap, para siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru menjadi penulis, dan menjadi literat yang handal di masa yang akan datang, dan juga menjadi sekolahnya para juara.



Sementara, Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 12 Pekanbaru, Dra. Wismar Asturiyah, M.Pd. merasa bangga dan bahagia, menerima kehadiran tim literasi Inprasa.

"Saya sangat bangga, dan bahagia pada hari ini dengan adanya program literasi dan motivasi literasi untuk anak-anak SMA Negeri 12 Pekanbaru, harapan kita kedepan, anak-anak SMA Negeri 12 Pekanbaru menjadi seorang literat yang mencintai (kegiatan) membaca dan menulis," tuturnya.

Ibu Wismar berharap, para siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru mencintai literasi, pada hari ini juga dibuktikan dengan banyaknya para siswa yang mau menjadi penulis hebat, mereka (para siswa) diberikan target untuk mulai menulis, dan mereka mampu menerima tantangan dari tim literasi Inprasa.

Kegiatan literasi yang diinisiasi tim Inprasa tidak berhenti pada motivasi membaca dan menulis saja, para siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru diajak langsung berkarya, membuat tulisan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) ataupun dalam bentuk yang lain. Mereka diberikan target dalam waktu satu pekan, tim Inprasa akan datang kembali ke SMA Negeri 12 Pekanbaru untuk menjemput karya para siswa, dan karya terbaik, penerbit Inprasa siap menerbitkan karya-karya terbaik mereka.

Kegitan literasi di SMA Negeri 12 Pekanbaru, dapat disimak selengkapnya melalui channel YouTube Inprasa, jangan lupa SUBSCRIBE untuk mendapatkan kabar literasi terkini dari tim literasi Inprasa. Terima kasih, dan selamat menyaksikan "Gerakan Literasi yang Sebenarnya".


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel