-->

Siswa Kelas 7 SMPN 13 Pekanbaru Belajar Cara Menulis Sinopsis dengan Baik dan Tertib



Inprasa.com, Pekanbaru - Membuat sinopsis merupakan bagian dari kegiatan literasi membaca dan menulis, dan menjadi tahapan mengenalkan literasi kepada siswa. Tim penggerak literasi Inti Prima Aksara, Kamis Pagi, 29 Agustus 2019 mengajak para siswa kelas 7 SMP Negeri 13 Pekanbaru untuk mulai menulis sinopsis dari buku yang telah dibacanya dengan baik dan tertib.

Kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Pekanbaru sudah berjalan. Setiap hari, di jam istirahat pertama, dan istirahat kedua para siswa melaksanakan gerakan 15 menit membaca buku, dan menulis sinopsis.

Tim penggerak literasi gerakan literasi sekolah (gls), Usep Priyadi memberikan bimbingan langsung kepada para siswa kelas 7 SMP Negeri 13 Pekanbaru penggunaan buku panduan penulisan sinopsis.

Buku panduan penulisan sinopsis berguna untuk merekam kegiatan literasi setiap siswa. Jumlah buku yang telah dibaca, dituangkan ke dalam jurnal membaca. Siswa juga diajak untuk berlatih menulis sinopsis dengan baik, mencatat identitas buku, dan menuliskan sinopsis kedalam lembaran yang tersedia.

"Perkenalkan, nama saya Usep, biasa dipanggil Asep," ujar Usep membuka komunikasi kepada siswa kelas 7. Suasana kelas jadi cair, dan siswa kelas 7 pun mulai menyimak pelajaran penting dalam menulis sinopsis.


Pengalaman menulis sinopsis dengan tertib, merupakan pengalaman kali pertama para siswa kelas 7 di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Biasanya, mereka hanya mengenal sinopsis sekedar ringkasan cerita.

Kali ini, para siswa dikenalkan cara membuat sinopsis dengan memuat semua unsur penulisan sinopsis, mulai dari identitas buku, karakter tokoh hingga alur cerita dari awal sampai akhir.

Kehadiran tim literasi Inprasa di SMP Negeri 13 Pekanbaru, berupaya untuk menggerakkan literasi dengan masif. Melibatkan semua unsur di sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa dan pustakawan untuk berlomba-lomba membaca banyak buku-buku.

Dengan bantuan buku panduan penulisan sinopsis, masing-masing siswa mempunyai catatan kegiatan literasi, dan pada setiap semester, hasilnya dapat digunakan untuk mengukur kemajuan literasi di SMP Negeri 13 Pekanbaru.

0 Response to "Siswa Kelas 7 SMPN 13 Pekanbaru Belajar Cara Menulis Sinopsis dengan Baik dan Tertib"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel